10 Tips Mudah Untuk Meningkatkan Kekuatan Otak

Posted by Kliping Sinopsis Berbagai Berita Dunia Offline




Otak Kuat, Pikiran Hebat


Lemot alias lemah otak, sepertinya kata yang tidak nyaman di telinga, ya? Apalagi kalau korbannya adalah Anda. Bisa-bisa, kalau wanita seksi di sebelah ruang kerja Anda tahu, dia perlahan-lahan akan menarik lirikannya dari wajah tampan Anda. Semoga saja tidak.

Maka, sebelum situasi seperti itu terjadi, atau memburuk, ayo perkuat kemampuan otak Anda. Bagaimana caranya? Mudah, sebenarnya. Coba baca dulu kata Daniel Amen, M.D., penulis magnificient mind at any age ini, “Jika Anda ingin memiliki pikiran yang lebih tajam, mulailah pedulikan otak Anda secara aktif, dan lakukan sesuatu untuk membuatnya lebih baik.”

Gunakan otak Anda, sobat. Jangan biarkan organ penting itu bekerja begitu saja. Tapi, beri dia aktivitas yang membuatnya kuat. Hey, manfaatnya bukan hanya untuk menjaga perhatian si wanita manis itu, tapi juga untuk performa kerja, bahkan pergaulan Anda. Ya, siapa yang tidak suka dengan pria berotak cemerlang?

Nah, berikut ini beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan sehari-hari. Lakukan, dan hasilnya semoga hasilnya bisa segera Anda rasakan.

Ubah Rutinitas

Menurut Anda, apa yang terjadi jika setiap hari Anda melakukan hal yang sama, monoton, `hafalan`, statis, begitu-gitu saja? Hmm, saya membayangkan Anda bahkan tidak perlu berpikir lagi untuk melakukannya. Akibatnya, otak Anda jadi tidak bekerja secara maksimal.

Saran untuk kebaikan otak Anda, coba lakukanlah hal-hal yang tak lazim dalam rutinitas Anda. Misal, kalau Anda biasanya memegang sikat gigi dengan tangan kanan, maka cobalah menyikat gigi dengan tangan kiri. Lakukanlah sebaliknya jika Anda kidal. Atau kalau Anda cukup berani, cobalah untuk jogging mundur. Ya, pasti susah, tapi latihan ini bisa jadi pengalaman seru.

Atau, kalau Anda biasa melewati jalan tertentu untuk mencapai kantor, coba lewati jalan yang lain. Dari semua itu, yang penting Anda melakukan hal yang berbeda, apapun, yang bisa memaksa diri Anda untuk menyimpang pola harian. Sederhana, tapi kata dr. Amen, ketika Anda melakukan itu, Anda sedang merangsang bagin-bagian baru dari otak, mendorongnya untuk membuat koneksi baru.

Hidrasi Pikiran

Anda pasti tahu, air adalah komponen utama dalam tubuh. Demikian juga dalam otak. 80% dari otak Anda adalah air. Maka, jika otak itu tidak diberikan asupan air yang cukup, saraf di dalamnya tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya. Begitu kata dr. Amen. Alhasil, Anda berpotensi gagal bahkan dicap lemot, ketika Anda harus menghadapi ujian akademik atau presentasi kerja.

Saran kami, minumlah air mineral 8 gelas berukuran 0,178 liter perhari. Pastikan air yang Anda minum adalah air yang diolah dengan baik, tidak berwarna, dan tidak berbau.

Selain itu, hindari terlalu banyak minum alcohol dan kafein. Walau memang secara wujud sama-sama cairan, tapi kandungan di dalamnya bisa memberikan pengaruh yang sangat beda. Kalau begitu, sudah cukupkah asupan air mineral Anda hari ini?

Jam Tutup Mata

“Ilmu pengetahuan menunjukkan, orang yang tidur selama 7 jam memperlihatkan aktivitas otak yang jauh lebih banyak dibanding mereka yang tidak,” kata dr. Amen.

Silahkan Anda analogikan seperti mesin yang bekerja nonstop. Pada titik tertentu, dia akan lelah dan kemampuannya menurun. Bahkan jika dibiarkan, dia akan rusak. Nah, demikian juga dengan otak. Dia butuh istirahat, atau waktu jeda untuk memulihkan performanya. Ketahuilah, kekurang tidur bisa menurunkan kemampuan belajar, konsentrasi, dan memori.

Jadi, seberapapun banyaknya tumpukan tugas Anda, tetaplah tidur ketika waktunya sudah tiba supaya Anda bisa kembali menggunakan seluruh kemampuan otak Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas itu.

Meditasi Pernapasan

Ternyata, olah pernafasan juga bermanfaat untuk otak Anda. Coba lakukan cara ini untuk mendapatkan otak yang tenang, bersih, bebas stress. Meditasi pernapasan perut: tarik napas perlahan-lahan, biarkan perut Anda (bukan dada Anda) mengembang, lalu suarakan begitu Anda membuang napas. Ulangi selama 10 menit. Nah, semoga Anda bisa lebih rileks.

Dansa, Dansa, dan Dansa

Anda senang berdansa, joget, atau melakukan gerakan semacamnya? Ayo, lakukan terus. Karena otak pun akan menerima pengaruh baiknya. “Beberapa aktivitas bisa merangsang sistem otak, ssperti halnya yang dilakukan oleh dansa, “kata dr. Amen. Kenapa? Sederhana saja penjelasannya: “Dansa membutuhkan semua hal, dari koordinasi dan organisasi untuk merencanakan serta memutuskan.” Dengan demikian, otak Anda turut bekerja saat Anda berdansa.

Batasi TV

Sedikit banyak, TV memang sudah begitu menyita perhatian kita. Terlepas dari apa yang Anda tonton. Berita, musik, film, program lainnya, TV kabel, atau DVD. Tapi belajarlah membatasi diri Anda. Karena, banyak penelitian mengungkap, pria yang menonton TV selama lebih dari 2 jam sehari, memiliki resiko jauh lebih besar mengembangkan Alzheimer dibanding mereka yang sedikit menonton.

Sebagai gantinya, kenapa tidak Anda manfaatkan waktu luang untuk beristirahat atau bercengkrama dengan orang-orang terdekat. Atau mingkin, membaca buku?

Ikut Kelompok Membaca

“Membaca baik untuk otak Anda, hanya jika dia terlibat dalam proses menyimpan dan mengambil informas,” kata dr. Amen. Itu alasannya kenapa kelompok membaca sangat bermanfaat. “Dan aspek sosial dari kelompok membaca adalah menambah semangat yang bisa meningkatkan fungsi kognitif.”

Lawan Rasa Sakit Secara Cerdas

Jangan buru-buru bergantung pada obat-obatan ketika Anda merasakan sakit. Karena tidak selama obat memberikan pengaruh positif terhadap tubuh. Apalagi kalau dikonsumsi secara sembarangan. Nah, itulah kenapa beberapa jenis obat harus menggunakan resep dokter. Tentu, supaya dosisnya benar, sehingga Anda bisa merasakan hasil terbaik. Bukan sebaliknya.

Lalu, obat yang agak berbahaya bagi otak? Kata dr. Amen, berhati-hatilah dengan acetaminophen, “Obat itu bisa mengganggu fungsi hati, menurunkan produksi antioksidan glutathione dalam tubuh, yang penting untuk fungsi otak.”

Taklukkan Pikiran Negatif

“ANTs (Automatic Negative Thoughts/pikiran negatif otomatis) bisa merangsang area otak yang bertanggung jawab terhadap rasa cemas,” kata dr. Amen. Dia juga meningkatkan produksi hormon stress, yang bisa membunuh sel otak. Gawat!

Masalahnya, ada beberapa orang yang terjebak dalam lingkaran kecemasan. Ya, mereka mungkin sadar ada yang salah, dan sadar ada sesuatu yang harus mereka lakukan. Tapi, jika itu tertahan di kepala, yah… tentu tidak akan terjadi perubahan apa-apa.

Nah, solusinya, kapanpun ANTs masuk ke dalam pikiran Anda, tuliskan dan rancang suatu rencana untuk membetulkannya. Lalu, lakukan!

Bakar Tenaga

Seberapa bagus kualitas hubungan seks Anda dengan pasangan? Jika kualitasnya bagus, selamat! Bukan melulu tentang kenikmatan yang Anda rasakan, tapi juga tentang hasil penelitian: Pria yang bercinta setidaknya 2 kali seminggu, 50% lebih kecil mengalami serangan jantung dibanding mereka yang melakukan seks lebih jarang. Hal ini penting, karena semakin banyak bukti mendukung fakta sederhana ini: Apa yang baik untuk jantung baik juga untuk otak. “Seks juga melepaskan kimiawi perasaan baik, yang bisa melawan stress, “kata dr. Amen. 

Sinospis Majalah Men`s Health Mei 2011

Related Post